Menjadi sang Pembelajar yang Baik
Topik Program Sang Guru Edisi Jum\'at, 24 November 2017

By Dr. Sudarman, S.Pd.,M.Pd 24 Nov 2017, 05:42:01 WIB Kurikulum
Menjadi sang Pembelajar yang Baik

Pada dasarnya, Pendidikan harus dilihat sebagai sebuah tujuan dan sekaligus sebagai proses, Pendidikan dilakukan untuk mencapai sesuatu, akan tetapi juga menunjukkan sesuatu proses yang terjadi sepanjang hayat untuk mewujudkan apa yang dikehendaki. Sedangkan dari pelaksanaannya, keterwujudan tujuan sepenuhnya tergantung kepada prosesnya” …the medum is the massage”. Hal ini penting untk dikemukakan karena Pendidikan bukan semata-semata sebagai sarana sosialisasi, apalagi sekedar penyampaian informasi yang terlepas-lepas yang hampa makna. Sebaliknya Pendidikan adalah perwujudan pembentukan diri secara utuh dalam arti pengembangan segenap aspek potensi dalam rangka pemenuhan semua komitmen manusia baik secara individua atau sebagai warga masyarakat.
Pemikiran dan harapan diatas dapat terpenuhi jika didukung oleh guru (pembelajar) sebagai pemegang kekuasaan dalam membentuk karakteristik peserta didik (pebelajar). Berkenaan dengan hal tersebut diperlukan guru-guru yang berkarakteristik baik.
Kita semua meyakini setiap guru ingin menjadi guru yang baik, tapi apakah makna tentang menjadi "guru yang baik"? Siapa ini? Apa karakteristiknya? dan bagaimana mewujudkannya. pekerjaan Mengajar seringkali menguntungkan dan memuaskan bagi orang yang mencitai pekerjaan mengajar. Saya juga seorang guru, meskipun saya tidak menganggap diri saya sebagai guru yang sangat baik, tapi saya tahu bahwa sebagian besar mahasiswa saya menyukai saya, dan saya kira ini adalah titik di mana hal baik dimulai.
Saya sedang memikirkan apa karakteristik seorang guru (pembelajar) yang baik dan bagaimana karakteristik tersebut bias diterapkan, kualitas apa yang dimiliki oleh seorang guru yang baik? Jadi, berdasarkan pengalaman menjadi dosen belasan tahun lamanya dalam menyiapkan para calon guru sekaligus memberikan penguatan kepada para guru di Indonesia, saya menemukan beberapa kualitas yang menurut saya paling relevan bagi seseorang yang terlibat dalam pekerjaan mengajar. Saya percaya jika seorang guru memiliki karakteristik dan kualitas berikut, dia bisa menjadi guru yang sangat baik dengan basis pada peserta didiknya (learner).

1. Friendliness and Congeniality
Menurut saya karakteristik terpenting seorang guru yang baik adalah bersikap ramah dan menyenangkan dengan siswanya. Ini adalah nilai tambah jika para siswanya dapat berbagi masalah dengan dirinya, tanpa merasa takut atau ragu. Saya pikir siswa selalu memikirkan guru mereka sebagai musuh mereka (dalam arti yang lucu sekalipun). Dengan mentalitas ini, mereka tidak akan pernah bisa dekat satu sama lain, dan selain itu berapa banyak guru yang Anda sukai yang TIDAK ramah, dan agak sombong dan kasar?

2. A Good Personality
Seorang guru yang baik memiliki kepribadian yang sangat baik; Tidak ada pemikiran kedua tentang hal itu. Siswa selalu tertarik pada guru dengan kepribadian baik yang mengarah pada komunikasi, pemahaman, dan hasil yang baik. Setiap orang bisa memiliki kepribadian yang baik, layak, menyenangkan, dan rapi. Hanya berpakaian sopan baik, harum, dan sedikit lembut dan baik hati. Itu saja.

3. Deep Knowledge dan Great Education
Karakteristik penting lainnya dari seorang guru yang baik adalah pengetahuan dan pendidikannya sendiri. Ada pepatah bahwa 'seorang guru hanya sebaik pengetahuannya.' Bagaimanapun, dia sedang melakukan pekerjaan guru, yaitu mengajar. Jika dia sendiri tidak memiliki pengetahuan tentang topik tertentu yang dia ajarkan, dia tidak akan pernah membuat nama baik untuk dirinya sendiri.

4. A Good Communicator
Salah satu karakteristik penting dari seorang guru yang baik adalah kemampuan komunikasinya. Dia harus menjadi pembicara yang sangat baik. Karakteristik ini akan memberi manfaat dalam beberapa cara. Sebagai contoh:
Jika kemampuan berkomunikasinya bagus, dia bisa menyampaikan ceramahnya dengan keterampilan dan hasil yang lebih baik. Jika dia adalah seorang pembicara yang baik, kekuatan kelasnya meningkat secara otomatis. Orang suka mendengar seseorang yang bisa dia ceritakan dengan cukup baik.

 

5. A Goog Listener.
Selain sebagai komunikator yang baik, guru yang baik juga harus memiliki karakteristik menjadi pendengar yang lebih baik. Seperti ada pepatah Turki:
"Jika berbicara adalah perak, maka dengarkan adalah emas."
Ingat, pendengar yang baik akan selalu memiliki banyak teman dan penggemar. Karena orang tidak mau mendengar setiap saat, mereka membutuhkan orang yang bisa mendengarkan mereka juga. Dan ketika seorang guru yang baik mengembangkan kualitas pasien ini dalam dirinya, dia mulai menjadi guru yang hebat.

6. 6. A Good Sense of Humor
Guru yang baik juga harus memiliki kualitas dan karakteristik untuk memiliki selera humor yang baik. Ini adalah fakta logis bahwa seseorang pada umumnya mengajarkan generasi berikutnya dan karena mereka lebih muda dari pada profesor, mereka juga diharapkan lebih banyak bersenang-senang di kelas. Jadi, guru yang baik adalah orang yang bisa mengikuti selera humornya, dan dengan kemampuan dan kepribadian komunikasi yang kuat, juga bisa menjaga disiplin kelas.

7. Kindness
. Yang terakhir tapi jelas salah satu ciri paling penting untuk dimiliki di dalam kotak kualitasnya: ia harus menjadi orang yang lembut, baik hati, sopan, dan baik hati. Siswa harus mencintainya, dan saat mereka mencintainya, mereka mengidolakannya. Kemudian akhirnya, mereka akan menghormatinya, akan mengerjakan pekerjaan rumah, dan akhirnya akan membawa hasil dan hasil yang lebih besar. Sumber inspirasi : Resureksi Pendidikan Profesional Guru (T.Raka Joni)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. dwi eprilia 28 Des 2017, 13:08:35 WIB

    Nama : Dwi Eprilia
    NIM : 1605065042
    Kelas : B
    Program Studi : Pendidikan Ekonomi
    Tema : Menjadi sang pengajar yang baik

    Pada dasarnya, Pendidikan harus dilihat sebagai sebuah tujuan dan sekaligus sebagai proses, Pendidikan dilakukan untuk mencapai sesuatu, akan tetapi juga menunjukkan sesuatu proses yang terjadi sepanjang hayat untuk mewujudkan apa yang dikehendaki.Saya percaya jika seorang guru memiliki karakteristik dan kualitas berikut, dia bisa menjadi guru yang sangat baik dengan basis pada peserta didiknya (learner).
    1.Friendliness and Congeniality
    Menurut saya karakteristik terpenting seorang guru yang baik adalah bersikap ramah dan menyenangkan dengan siswanya.para siswanya dapat berbagi masalah dengan dirinya, tanpa merasa takut atau ragu. Saya pikir siswa selalu memikirkan guru mereka sebagai musuh mereka (dalam arti yang lucu sekalipun).
    2.A Good Personality
    Seorang guru yang baik memiliki kepribadian yang sangat baik; Tidak ada pemikiran kedua tentang hal itu. Siswa selalu tertarik pada guru dengan kepribadian baik yang mengarah pada komunikasi, pemahaman, dan hasil yang baik.
    3.Deep Knowledge dan Great Education
    Karakteristik penting lainnya dari seorang guru yang baik adalah pengetahuan dan pendidikannya sendiri.
    4.A Good Communicator
    Salah satu karakteristik penting dari seorang guru yang baik adalah kemampuan komunikasinya. Dia harus menjadi pembicara yang sangat baik. Karakteristik ini akan memberi manfaat dalam beberapa cara.
    5.A Goog Listener.
    Selain sebagai komunikator yang baik, guru yang baik juga harus memiliki karakteristik menjadi pendengar yang lebih baik.Dan ketika seorang guru yang baik mengembangkan kualitas pasien ini dalam dirinya, dia mulai menjadi guru yang hebat.
    6. A Good Sense of Humor
    Guru yang baik juga harus memiliki kualitas dan karakteristik untuk memiliki selera humor yang baik.
    7. Kindness
    . Yang terakhir tapi jelas salah satu ciri paling penting untuk dimiliki di dalam kotak kualitasnya: ia harus menjadi orang yang lembut, baik hati, sopan, dan baik hati. Siswa harus mencintainya, dan saat mereka mencintainya, mereka mengidolakannya.

View all comments

Write a comment


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Zen

    Assalamualaikum Pak. Kalau boleh tau, referensinya DESCA ini apa ya Pak? Terima ...

    View Article
  • Nur Hidayah

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Nama: Nur Hidayah NIM: 1605065052 Kelas: B Program ...

    View Article
  • maisin ajan

    Nama : Maisin Ajan Nim : 1605065065 Program Studi : Pendidikan Ekonomi Tema : Pandangan Teori ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video